Friday, April 6, 2018

Sitem Pendingin Air (2)

3. Water jucket
Dari oil cooler, air pendingin mengalir ke water jucket yang terdapat pada cylinder block dan cylinder head. Di dalam water jucket, air pendingin menyerap panas yang ditimbulkan dari pembakaran.
4. Thermostat
Apabila air pendingin meninggalkan cylinder head, air pendingin masuk ke thermostat atau regulator housing.
Pengatur suhu (temperature regulator) dipasang di dalam rumah regulator. Temperature regulator bekerja seperti polisi jalan raya pada sistem pendingin. Regulator bekerja untuk menjaga suhu kerja engine. Kadang-kadang regulator mengalirkan air pendingin melalui radiator, kadang-kadang ke pipa bypass untuk kembali ke pompa air (water pump). Bila engine dingin, regulator menutup. Air pendingin mengalir kembali ke water pump, tidak melalui radiator, tetapi melalui pipa bypass. Ini akan membantu mempercepat memanaskan engine. Bila engine mulai panas, suhu air pendingin mulai naik sampai mencapai suhu pembukaan radiator. Bila regulator membuka lebih lebar dan lebih banyak lagi air yang menuju radiator.
5. Radiator
Bila regulator membuka, air pendingin mengalir melalui pipa-pipa atau slang-slang ke bagian atas radiator yang telah mengambil panas engine. Di dalam radiator situasinya dibalik. Air pendingin melepaskan panas ke atmosfir. Di dalam radiator air pendingin mengalir dari atas ke bawah. Tabung dan sirip-sirip bekerja sama membuang panas. Radiator umumnya dipasang dimana udara paling banyak dan pembuangan panas paling baik.
6. Tutup Radiator
Tutup radiator air di dalam radiator bertekanan. Tutup radiator akan menentukan berapa besar tekanan sistem pendingin selama engine bekerja. Sistem pendingin yang bertekanan membantu mencegah air radiator
mendidih pada tempat operasi yang lebih tinggi. Bila anda berada pada permukaan yang lebih tinggi, titik didih akan turun. Bila sistem pendingin tidak bertekanan, maka air pendingin cepat mendidih sehingga mempercepat kerusakan engine.
7. Selang radiator
Selang radiator adalah salah satu komponen dalam sistem pendingin yang berparan sangat penting. Fungsi dari selang radistor yaitu menghubungkan atau menyalurkan air pendingin dengan temperatur yang tinggi, sehingga selang radiator dibuat tahan panas.

Wednesday, April 4, 2018

Sistem Pendingin Air (1)

Sistem pendingi air yaitu sistem pendingin yang menggunakan media air.Sistem pendingin engine bertanggung jawab untuk menjaga suhu engine agar tetap pada suhu operasi. Hal ini diperlukan karena engine akan beroperasi optimum pada suhu operasi.
Bagian-bagian sistem pendingin:
1. Water pump / pompa air
Water pump terdiri dari sebuah impeller dengan sirip-sirip kipas didalam rumah water pump tersebut. Komponen ini berfungsi untuk mengalirkan water coolant / air pendingin ke water jucket untuk mendinginkan mesin.
2. Oil Cooler/pendingin oli
Dari saluran water pump, air pendingin mengalir ke oil cooler. Oil cooler berfungsi untuk mendinginkan oli mesin. Pada oil cooler, cairan pendingin mengalir melalui tabung-tabung untuk membuang panas oli yang ada disekeliling tabung.

Tuesday, April 3, 2018

Mesin / motor 4 Tak

Motor 4 tak atau disebut juga motor 4 langkah yaitu motor yang setiap satu siklus pembakaran terdiri dari dari 4 langkah piston, atau 2 kali putaran poros engkol / crank shaft.

1. Langkah Hisap
Yaitu piston bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) ke TMB (Titik Mati Bawah), intake valve membuka dan exhaust valve menutup, bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar.
2. Langkah Kompresi
Yaitu piston bergerak dari TMB ke TMA, intake valve dan exhaust valve tertutup, sehingga bahan bakar dan udara dimampatkan diruang bakar.
3. Langkah Usaha
Busi memercikkan bunga api, sehingga terjadi ledakan/pembakaran di ruang bakar. Piston bergerak dari TMA ke TMB dan intake valve dan exhaust valve sama-sama menutup.
4. Langkah Buang
Piston bergerak dari TMB ke TMA, intake valve menutup dan exhaust valve membuka, sehingga sisa-sisa pembakaran dibuang melalui exhaust manifold.

Sistem Pendingin

Dalam suatu mesin dibutuhkan sistem pendingin, yang berfungsi sebagai berikut:
-Menyerap panas pada bagian-bagian motor, sehingga mengurangi keausan dan kerusakan komponen
-Untuk mendapatkan temperatur kerja motor yang tepat dan merata.

Adapun sistem pendingin ada dua macam:
1. Pendinginan udara
Sistem pendingin mesin menggunakan media udara. Biasanya diterapkan pada sepeda motor, tetapi ada juga sepeda motor yang menggunakan sistem pendingin air. Cara kerja dari sistem ini yaitu panas yang ditimbulkan oleh motor dipindahkan ke udara luar. Untuk meningkatkan efisiensi pendinginan maka permukaan pendinginan diperluas dengan sirip-sirip.

2. Pendinginan air
Sistem pendingin yang menggunakan media air. Di dalam cylinder block dan cylinder head terdapat water jucket / rongga-rongga untuk aliran air pendingin yang akan menyerap panas mesin.

Keterangan gambar: 
1. Water jucket
2. Hose radiator
3. Radiator
4. Fan / kipas
5. Hose radiator
6. Water pump
7. Thermostat